Blogger Widgets

ostrava, the green industrial city



Ostrava salah satu kota industri yg berada di ujung timur negara ceko yg berbatasan langsung dengan poland. kota  ini merupakan kota terbesar ke tiga, setelah capital city Praha dan kota pelajar Brno. maskot kota ini terkenal dengan daerah industrialnya yg berkembang pesat. tak heran jika sobat jalan mengunjungi daerah ini pasti akan banyak menemukan pabrik2 besar yg masih berdiri kokoh meskipun sudah usang. kota yg terkenal dengan sebutan "jantung baja" ini  bisa menjadi sebuah kota industri terbesar di czech replubic karena pada jauh hari sebelum world war II, sudah ditemukan cadangan batu bara hitam banyak di area ini. so karena hal itu industri2, pabrik2 berdiri dan menyebar ke seluruh pelosok kota ini, tak ayal jika pemerintah masa lalu di buat pusing untuk mengatasi kaki hitam yg bertebaran di langit kota ini yg menyebar dan menganggu polusi udara di kota ini

tapi itu dulu sobat jalan, ostrava kini berbeda, meskipun sisa2 kemegahan industri2 nya masih berdiri kokoh, perlahan kota ini tumbuh dengan segala banyak ke atractivan nya. banyak tempat2 menarik untuk dikunjungi.  dan yang paling menarik, ostrava sudah tidak lagi diselimuti kabut hitam yg menjulang di langit  nya, semua itu kini perlahan berubah dan berubah dari HITAM menjadi HIJAU.
Diantara beberapa tempat yg menarik dan menjadi highlight kota ini akan saya beri penjelasan sedikit di bawah ini. 

old town square ostrava, masih menyajikan arsitek bangunan kota tua yg mengusung baroque style dan di area ini juga terdapat museum kota dimana di dalam nya masih ada lantai kaca yg dibawahnya merupakan sisa2 dinding peninggalan masa lalu yg masih original.

tak berjarak jauh dari old town square, juga terdapat new town hall, dan merupakan city hall terbesar dengan sebuah tower yg menjulang tinggi di czech replubic. dari menara ini sobat jalan bisa melihat seluruh pandangn sudut kota dari bangunan yg menjulang setinggi 85 meter ini. beskyd mountain pun bisa terlihat dari menara ini jika cuaca sedang clear dan tidak berkabut.

ostrava silesian castle juga merupakan salah satu landmark yg terkenal ke-2 dari kota ini, letaknya yg berada di antara pertemuan sungai ostravice dan sungai lucina, mengharuskan anda berjalan kaki untuk dapat mencapai ostrava castle ini. castle ini sebetulnya hanya sebuah benteng yg pastinya mengusung gaya gothic.
sayang nya karena terjadi banyak peperangan di daerah ini pada masa lalu, mengakibatkan castle ini banyak mengalami kerusakan, jadi buat sobat jalan yg mw mengunjungi castle ini harap2  tidak kecewa karena tidak bisa melihat interior dalam castle.
soo tapi diluar itu semua area castle ini cukup  cozy dan nyaman pastinya dengan banyak area hijau yg cukup menyegarkan.  slide dibawah ini hanya beberapa shoots untuk old square town, dan new town hall nya ostrava., dan juga cerna louka area.


mining museum landek, masih berdiri kokoh, walaupun baja yg melekat sudah tidak lagi semulus sebelumnya, tapi museum industri ini merupakan yg terbesar di CR, bangunan yg sudah berubah menjadi historical place sangat unik, karena  tempatnya yg berada di sisi sungai ostravice, saat ini mengusung vegetasi lingkup alam dan hewan2 di sekitar sungai, jadi intinya keselarasan alam tetap terjaga meskipun sebenarnya tempat ini adalah area pabrik.

untuk masalah hiburan dan kegiatan yg menarik lainnya, ostrava  memiliki Cerna Louka exhibition center, dan juga Cez Arena. di cerna louka area juga terdapat miniuni area, lebih kesarana untuk mengenalkan bangunan2 terkemuka dunia kepada anak2 yg masih kecil.
cez arena ostrava juga tidak jarang banyak diadakan konser2  musician2 ternama, antara lain yg pernah saya tau pink flyod,

jadi intinya kota industri terbesar di CR ini, sudah kembali hijau bebas polusi, dan semua tertata rapih, meskipun masih ada beberapa industri yg tetap berjalan, tapi mereka semua masih di bawah pengontrolan aparatur yg terkait. andai saja negara kita seperti ini ya, mungkin bekasi, dan cikarang akan lebih indah dan mungkin berpotensial untuk diajadikan objek wisata. 

sebagian snapshoot dari acara ostrava night event tahun lalu ada di link dibawah ini sobat jalan.
snapshoot the smallest part of memories namun sayang nya saya dan teman saya tidak bisa mengunjungi museum pabrik baja yg menjadi maskot kota ini,

keep on walking or cycling for reduce polution

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me