Blogger Widgets

from dumpling to love



dumpling, mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian penduduk asli di di czech replubic,
ya karena dumpling ini merupakan salah satu traditional food khusus nya lebih sebagai desert untuk pemanis mulut selepas makan. 
ada dua macam dumpling, pertama dumpling category sebagai side dish, dan dumpling sebagai desert makanan, hanya flavour gurih dan manis  yg membedakan antara desert dan side dish nya,
biasanya yang di sebut sebagai side dish itu seperti potato dumpling yg di isi dgn meat untuk filling  nya dan mushroom sauce sebagai topping lying sauce penambah yummy siy dumpling itu sendiri.
dan dumpling sebagai desert biasa mengadopsi buah2an dan selai  yg di jadikan  sebagai filling pada menu dumpling tersebut. bluberry dumpling, apple dumplling,biasanya yg famous untuk desert category ini.


ada cerita yg cukup menggelitik saat pertma kali saya mencicipi salah satu menu tradition yg satu ini, ya, saya mencoba blueberry dumpling yg cukup menggoda dan tentunya ada rasa ingin tahu apa itu dumpling  dari tulisan di menu sebuah restoran di kawasan pegunungan pustevny mountain.
saat itu sebrnnya jam makan siang, tapi karena saya kesulitan untuk menemukan menu yg tidak mngandung "po*k" maka saya putuskan saja untuk memililih desert dan tidak mengambil pilihan main course ya alasanya selain tak begitu yakin dan ada rasa sedikit worried kalau salah2 yg saya makan itu sunka aka ibab. even makanan vegetarian pun tersedia sebagai main course nya, saya tetap bersikeras untuk mecoba menu yg satu ini, ya blueberry dumplingg,

ya this is it,, blueberry dumpling come di atas meja yg saya tempati,
penampilan awal nya cukup menggelitik hati saya, dalam hati "ini desert apa main course ya?? huhuu"
big protion bgt ya gimana tidak  ada 4 ketul besar dumpling di atas medium plate, udah dumpling nya gede piring nya medium pula, gimana ga full bgt keliatannya,,  secara sistematis ilmu present food yg saya pelajari ini nama nya old style karena penataan nya yg tidak proposional, tapi yowiss lah, sak krepe yg nyajiin di restorann itu, yg penting hayuuu lahap ini dumpling nyaa >_<


awalnya saya berpikir kalo dumpling nya itu  seperti bakpao isi yg besar dah tidak  ada topping ataupun sauce but different banget. mungkin ini desert yg rada aneh menurut saya, karena di sajikan panas, ya ini lah cri khas nya, hot desert tapi its ok, yg penting rasa nya yuhutt,
tekstur nya lembut bgt krena terbuat dari potato flour, dengan milk dan dry yeast yg membuat lembut tekstur adonan nya, disajikan dgn whippedd cream dan blueberry sauce yg hmpir mengcover semua dumpling nya yg membuat  lidah ini smakin tidak sabar untuk melahap nya,,
testernya sauce n filling blueberry nya yg sweeet bgt di netralisir ama hangat n gurih dari bahan kulit nya.
beda rasa antara sauce dgn topping di dlm nya ternyata sangat kontekstual, filling dalam dumpling di padu dengan rasa asam dri buah blueberry  dan sedikit rasa manis dari komponen coklat yg melengkapi bagian filling ini,, konteks dumpling ini benar2 seperti puff pastry  dengan metode simmering tapinya bukan yg di fried,

lidah tak berenti mengunyah & menikmati betapa yummi nya siy dumpling ini, sambil hati n pikiran bekerja sama membayang kan n berimajinasi apa ya kira2 bahan nya2, ya kerjaan sambilan lain saya selain jalan2 ngalor ngidul ya itu nyoba menu2 baru yg pastinya selain buat bahan bacaan juga buat bahan aktifitas untuk nambah2 ilmu sendiri..
baru makan dua ketul dumpling saja sudah benar2 full perut rasa nya,
na baginilah yg menggelitik kisah2 orang bohemia, bukan bohemia siy kusus nya, tapi majority orang2 di kawasan czech replubic ini,  portion makan mereka klo saya bilang itu really2 big, desert saja sudah menggelembungkan isi perut ini, 

mencoba kudapan dumpling ini tak ada salah nya ko, untuk menemani waktu weekeend bersama keluarga pastinya sebagai teman makan di sore hari,  bahan2 nya yg tidak sesulit dan terkatagori mudah di dapat,
hanya butuh potato flour ataupun jika sulit mndapatkannya bsa di ganti dgn kentang yg di rebus biasa dan diberi maizena sebagai bahan pokoknya, milk, jam ataupun fruit sauce yg bnyk di dapatkan di supermarket2 atau toko2 bahan2 kue2, dry yeast atapun ragi kering, dan pastinya dgn hati, dalam membuat resep apapun,
next i'll try with my self dan pastinya klo sudah jadi akan saya posting di next post menunggu ada waktu untuk membuat nya,, 

from dumpling to love,, not to love anybody, but to love more dessert and more fancy cookies in the cafe2 on all the city>_<


0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me