Blogger Widgets

cycling to border


tinggal di kota yg dekat dengan perbatasan membuat kita tak perlu mengambil waktu lama untuk bisa menapakkan kaki di negara tetangga, havirov yg lebih tepat nya dekat dengan perbatasan kota cesky tesin, czech replubic dengan ciesyin poland. jarak havirov - ciesyn 25 km, pada umum nya hanya 15 menit bila di tempuh dengan mobil, tapi pagi itu diawal spring saya mencoba nya untuk tracking dengan menggunakan merida mats yg saya miliki. badan sepertinya sedang tidak enak, karena pada malam sebelum nya saya merasakn panas yg lumayan tinggi, tetapi pagi hari sudah mulai enakan badan, dan tetap nekat untuk melanjutkan misi going to revital park yg berada di ciesyn poland.

mengambil route utama yg tidak berkelok2, hanya jalan lurus dan mudah di hapal,
selama perjalanan disusul oleh rombongan aki2 yg masih pada perkasa, saya sengaja menggowes slowly karena sudah lama tidak menggowes dalam jarak jauh.
walhasil waktu yg saya butuhkan 2jam setengah menuju ciesyn poland, jam setengah 8 saya dari rumah, dan kira2 pukul 11 siang hari saya tiba di cesky tesin, mengitari ceky tesin dari statisiunnnya menuju perbatasan sungai olza river yg memisahkan 2 negara ini,
disaat cristmas, market chrismast di perbatsan ini merupakan salah satu yg banyak di cari oleh penduduk2 kawasan moravia, harganya yg relatif murah membuat pembeli datang dari jauh2 hanya untuk berbelanja kebutuhan christmas disini.
di kota ini pun banyak penduduk vietnam yg menjajakan barng dagangannya, ada yg berjualan tas ataupun sepatu dan baju, buka toko makanan siap saji, dan juga warung mini market kecil,



perbatsan ciesyn dan cesky tesin ini jarang di jaga oleh polisi perbatsan, sudah tak ada kontrol sejak berakhir rezim komunisme diantara 2 negara ini.
revital park merupaka salah satu ikon diantara 2 kota kecil ini, karena yg satu sisi berada di kawasan czech dan sisi utama nya berada di kawasan poland.
mata uang nya sudah berbeda menggunakan new zloty.
menuntun sepeda di sepanjang track kusus yg di ada di pinggir olza river serasa menenang kan hati, melihat bebek berenang2 di air sungai yg jernih ingin rasa nya sekali langsung nyemplung ke dalam sungai yg keliatannya segar itu,, haha ngayal.com

hair sudah siang, mau cepet2 ke ke revital park buat ngadem di bawah poon gede. di rdepan revital park ini terdapat monumen sebagai simbol memorial dedicated dari perang world war II restisance fighter.
kalau di indonesia ga lain seperti patung pembesan irian barat yg ada di taman banteng jakarta.
hhehe sama2 bawa tongkat dan nunjuk ke atas soalnya.



revital park terdiri rotunda, menara piast tower yg tidak begitu tingga,, galery di bagian ujung samping revital park ini, dan ada lagi satu tempat pertunjukan di bagian depan nya.
sebagain moravia region bisa terlihat dari atas sini, beskydy mountain yg ter luas wilayahnya pun masih dalam pandangan mata bisa terlihat.

untuk naik ke piast tower ada admision lagi,
adult 40
student 20 kc

di piast tower ini bisa menggunakan mata uang poland juga, jadi tidak usah khawatir bila anda tidak membawa new zloty ketika ingin kemana2.
tak ada yg special didalam menara ini, hanya menara biasa yg dulunya sebaga kontrol,
sempet ngeri setiap masuk kedalam menara2 seperti ini, apalagi kalau tidak ada teman untuk naik bersama keatas, seorang diri, ngebayangin tempat gelap pastinya ada yg aneh2, hihihihi
yg tidak begitu saya suka karena tempa ini banyak sekali debu, huft, tapi ya memang begini ada nya menara2 tak terawat.

3 jam sudah cukup rasa nya duduk di dalam taman yg cukup luas sampai tak terasa waktu sudah sore,
perjalan balik, saya tidak kuat unutuk nge gowes lagi 2 jam ke havirov, saya putuskan untuk membeli tiket pulang dengan kereta, cukup mahal juga kereta ekonomi dengan waktu tempuh hanya 15 menit saya beli seharga 30 kc, atau sekitar 15000 rbu, ya its ok lah, memang kereta nya juga terwat dan bersih, sehingga maklum kalau harganya sama seperti kereta express jakarta - depok. hehe
ok, kereta ku dateng, masukin siy merida n selonjoran di kereta, huhuhu, nyaman bgt,
ga harus ngegowes selama 2 jam,
dan ga samapi 20 menit tiba sudahh di havirov station,, 
nice trip di tengah suhu badan ku yg naik turun

lets breathe with fresh air in the nature
start now by your side, and make a better change for future

snapshoot the smallest part of the memories

0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me