Blogger Widgets

ostrava night event 2011


21 mei 2011, sudah sebulan dari tanggal ini sebenarnya, tapi berhubung males bgt but nulis itu acara karena ga tw mesti dari mana dan apa bahan topik untuk acara itu. welll ostrava night museum event yg berlangsung setahun sekali itu diadakan di central ostrava,  pada malam itu sebagian museum di kota ini benar2 fee admision, pada hari itu museum2 ini open di malam hari, start pukul 7 pm sampai tengah malam.
tranpostasi seperti tram dan trolley bus pun free pada malam itu.
kebetulan dari organisation tempat dimana saya les bahasa ceko mengundang saya dan teman saya untuk mengahadiri acara tersebut,
dan mereka meminta kami untuk menampilkan salah satu ciri khas indonesia, kebetulan salah satu teman saya adalah seorang penari, dia mempersembahkan sebuah tarian ngarojeng dalam acara tersebut, sedangakn saya dan teman saya satu lagi membuat risol yg simple untuk acara tersebut, karena kami bingung mau buat makanan apa. karena bahan2 makanan asia di kota kecll ini sulit untuk di dapatkan, ya lanjut lah kita buat risol saja.

acara sebenarnya di mulai pukul 5 tapi yg jemput saya dan teman2 dari organisation itu pukul 03.30 sudah stand by di parkiran rumah kami,  untuk persiapan makanya kita datang lebih awal. havirov - ostrava hanya di tempuh 20 menit dari havirov,
cuaca yg agak mendung hari itu tidak menyurutkan minat banyak orang untuk datang di event tahunan itu. sampainya di sana kita langsung menuju library centrum tempat dimana kita akan melakukan pertunjukan. kenalan dengan pemilik organisation dan melihat2 tempat pertunjukan.
library center ini ternyata cukup luas ada 4 lantai dan ada tempat children education nya juga, tapi kebanyakan koleksi2 buku yg ada berbahasa ceko, lumayan untuk berlajar kesini lain waktu.
nunggu teman saya gladi resik dulu sebentar pamanasan untuk tariannya. oia kita bertemu teman baru saat itu, karina novotna seorang pelajar yg sedang mengambil study s2 nya di economical university ostrava. dia yg menemani saya dan yg lainya mengelililngi ostrava di hari itu.

nunggu2 dan akhirnya sampai juga di saat2 akan pertunjukan teman saya, dia dapat urutan pertama untuk tampil. kurang lebih 15 menit dia membawakan 2 tarian indonesia, ngarojeng dan jaipong yg dia bawakan. sayang pengunjung yg memasukin ruangan itu tak begitu banyak, mungkin masih terlalu awal jadinya belum banyak yg antusias. but well ok misi done dan semua nya terkagum2 akan tarian itu, maklum untuk mareka tarian yg kita miliki sesuatu yg berbeda, apa lagi dengan iringan musik khas betawi dan sunda dengan alunan gamelannya. selain dia yg tampil ada juga dari ukraina yg membawa lagu2 klasik dari negara tersebut, ada juga pemusik2 lainya yg membawakan atraksi nya masing2.

well ok ok apa kabarnya risol yg saya buat ya, tadi kita tinggalkan saja di bawah berdampingan dengan stand dari rusia. ok setelah acara nya selesai kita langsung menuju down stare untuk menelongo siy risol yg lagi sendirian di bawah. 2 teman dari karina mempromote risoles yg kita buat,  kita membuat 2 macam risol, satu ada adalah risol isi sayuran dan satu lagi risol with beef. satu yg lagi yg kocak karena kita membuat sauce nya menggunakan sauce pecel yg tersisa di lemari es ku.
haha lumayan lah menampilkan ciri khas indonesia karena ada bumbu pecel nya. ok sesaat risol di buka dari wrapping plastik nya orang2 berkerumun datang karena pensaran dengan bentuk risol ku yg kotak2. hahaha, orang2 yg ku tanyakan tentang rasa risol itu lumayan mengilitik, mereka bilang "too spicy"
wkw sengaja dibuat pedas ciri khas ina gtu. tapi well hampir semua nya suka ko dengan risol dan bumbu pecel kami,
dari 100 risol yg kami buat habis ludes semua di babat pengungjung yg datang ke library center malam itu,
so misi kedua tuntas.

sekarang waktunya kita yg mengunjungin exhabition yg ada dalam program malam itu, bersama karina dia mendampingi kami mengunjungi beberapa tempat.
jalan keluar dari knihovna ostrava kita langsung berjalan menuju masarykovo square untuk masuk kedalam museum of ostrava. dari luar memang tak sebesar yg kita bayangkan tapi dalam nya cukup luas ko, tempat ini dikerumuni banyak sekali orang dan perlu berhati2 jugaterhadap barang bawaan kita. satu yg kami langsung tuju yaitu ke bagian tower dari museum ini. karena takutnya kalau kita mengunjungi pamerannya terlebih dahulu nanti tidak sempat karena diluar sudah gelap sekali akan hujan.
baru kali ini merasakan antri yg cukup panjang untuk naik ke atas tower. setelah menunggu kurang lebih 15 menit akhir nya kesempatan kita untuk naik ke atas tower, tangga tak cukup tinggi lah tower yg satu ini, tak seperti biasanya tower yg sudah sempat saya kunjungi. setiba nya di atas tower pun saya di kejutkan dengan tempat yg begitu kecil sekali dan cakupan pemandangan pun tak cukup jauh, tapi ok lah ga nyesel karena grtis kali ini masuk nya. angin cukup kencang pada malam itu maklum cuaca juga tengah tak bersahabat di musim semi itu.
ehm, setelah di rasa cukup kita akhir nya turun dan lanjut melihat2 apa saja yg ada di dalam museum itu koleksi2 olahraga mendominasi museum ini, sayang nya barang2 yg ada di dalam museum ini merupakan replika bukan barang2 asli pada masa nya.

banyak tempat2 yg free sebenarnya pada malm itu yg masih ingin saya kunjungi. tetapi berhubung keterbatsan waktu, karena waktu menujukan pukul 08.30 pm, dan kita masih ingin menyaksikan pertunjukan dari negara afrika di library center tadi so karina hanya membawa kami mengunjungi satu tempat lagi, theater nasional tempat tujuan kita terkahir,
sebenarnya kita ingin melihat barbie theater pada hari itu, tapi lagi2 keterbtasan waktu yg menghambat. hahaha ok lah tidak mengapa, cukup hanya melihat interior theater yg cukup wah itu, mungkin lain kali benar2 bisa melihat aksi theater di dalam gedung yg memilili interior yg cantik.

jam 08.30 pada hari itu berasa seperti masih sore, ya maklum sedang summer time , matahari bertengger lebih dari 12 jam seharian. ga terasa padahal sudah malam bagi saya.
ehm, lanjut lagi kita langsung ke atas untuk melihat aksi african terakhir yg di tunggu2 oleh banyak orang. malam yg seru itu ditutup dengan penampilan african yg menggoyangkan semua penjuru wkwk,

ok selesai malam ini ostrava noc event done an risol terjual habis
see u di event2 lainnya



0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me