Blogger Widgets

strawberry jam home made

masa2 menjelang akhir musim spring di kota kecil yg tak begitu ramai seramai prague, saya baru saja harvest strawberry, actually bukan harvest secara langsung dari kebun, tetapi membeli nya dari petani nya langsung, yg baru saja panen strawberry, ga tanggung2 beli nya langsung sebakul, maybe 3 kilo lah, dengan harga cukup murah 50 czech koruna atau sekitar 20000 idr.

sabtu, minggu, senin, strawberry ku nda abis2 masih banyak bgt, sampai2 kulkas mini yg ada isinya strawberry semua, walhasil ketika sarapan dengan toast roti dan keju agak terpikir dengan selai strawberry, ahhha, mucul lah ide untuk buat selai strawberry,  ga lama dari situ saya ngutak atik mbah google dan nemu beberapa cara buat selai strawberry. that easy just cut strawberry into small pieces , mix and stir dan jadilah selai, ok mulai pilah pilih siy cantik merah itu mana yg kira2 tampilannya sudah tidak bagus, akan di hancurkan untuk di jadikan selai, 

 yg saya butuhkan hanya 

 - 500 kg strawberry potong2 slice
 -  1 sdm gula pasir
 -  cinta untuk membuat selai, agar rasanya lebih mantap ( heheh)
 -  wadah kaca yg sudah di steril kan ( rebus dengan air mendidih) untuk menyimpan selai jika sudah siap

*saya tidak mencampurkan strawberry dengan air , karena saya rasa strawberry yg telah saya hancurkan      
   mengandung banyak sekali air, so tidak membutuhkan air lagi untuk pengencernya,
*dan saya tidak membutuhkan takaran gula yg banyak, karena saya lebih suka dengan rasa asli strawberry yg
   sweet sour. and menghindari jumlah gula yg berlebihan.
* tidak menggunakan blender dengan alasan hanya ingin butiran2 strawberry tidak hilang, yg alami lebih baik

proses


- singkat cerita hanya perlu kesabaran dalam menggerus si manis nan merah itu hingga lumat, bagi anda yg tidak sabar bisa saja menggunakan blender , tapi berhati2 ya agar vitamin dan sari2 nya tidak banyak terbuang,
- panaskan di atas kompor sambil di aduk2 agar tidak gosong. tambahkan gula sesuai selera,
aduk lagi sampai benar2 mengental, untuk mengetes kekentelan, coba tes satu tetes pada piring datar dan anda goyang2kan, selebih itu gunakan insting untuk mengetahui tingkat keketalan.
tidak perlu waktu lama, sekejap saja strawberry jam yg saya buat sudah siap, dengan rasa khas nya yg benar2 menggiurkan, 
- langsung saya masukan ketika masih benar2 panas ke dalam wadah kaca yg saya sudah sterill kan,
jadi lah satu botol selai strawberry home made, no preservatifest.

this is it, my strawberry jam by self


that easy, home made make healthy in body and also in pocket
lets go to make food by self



0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me