Blogger Widgets

Traditional Czech bakery & cakes

balik lagi melanjutkan postingan yg sebelum nya megenai czech traditional cuisine. kali ini Ms.widi lanjut dengan bakery dan cakes. ceko punya segudang bakery dan cakes yg mantap. dan tak kalah dengan international chocolate cakes, tiramisu atau cheese cakes. tradisional czech desert yg pertama sudah pernah saya tuliskan dengan judul "from dummpling to love". so lanjut saja ke menu2 desert tradisional ceko lainnya.

yg pertama kali Ms.widi kenal adalah babovka alias kue bolu, bedanya babovka ini sengaja dibuat agak tidak mengembang, menggunakan ragi ya, tetapi tidak seperti kita menggunakan ragi nya dalam jumlah yg banyak, biasanya babovka ini di hidangkan dengan taburan gula halus diatas nya. diameter nya lebih kecil dari pada kue bolu yg biasa di sajikan di indonesia, kalo dari cita rasa hampir sama seperti kue bolu. 

Honey cakes atau "Medovnic" cakes yg berbahan dasar madu, lebih terkenalnya dengan sebutan marlenka (yg patenkan namanya oleh sebuah pabric yg memproduksi marlenka ini) 
cakes ini sangat terkenal sekali dan merupakan satu2 nya cakes ceko yg katanya agak susah dibuat didapur sendiri. so kebanyakan orang-orang lebih memillih membelinya langsung dari store yg kusus memjual marlenka ini. tekturnya sama seperti tiramisu yg sangat lembut, rasa madu nya yg terlalu pekat, membuat saya agak enek jika mengkonsumsi terlalu banyak marlenka ini,


ada 2 pilihan rasa classic honey yg pure berasa madu, dan juga rasa kakao. untuk reverensi silahkah kunjungin official marlenka ceko. satu kelebihan cakes ini dibuatnya tanpa bahan pengawet dan yg pasti sudah terbukti rasanya nya yg nikmat. 


setelah ada babovka dan juga marlenka, langsung saja kita ke vanocka. atau kue kepang, kata vanocka sendiri diambil dari kata vanoce yg artinya christmas. jadi kue ini familiarnya di sajikan dalam acara2 keluarga disaat santap natal atau jamuan2 khusus lainnya.  vanocka ini rasanya tidak berbeda dengan kue2 manis pada umumnya, dipadukan dengan kismis dan almond.
yg sedikit berbeda dari kue ini adalah cara memanggangnya. yaitu dengan metode tumpang tindih, jadi 3 pilin hasil kepangan kue yg berbeda di tumpuk keatas jadi satu, baru setelah itu dioven. yummy sekali loh vanocka ini. 


kolace tvaroh & boruvka
Lalu ada Kolace, kolace ini  golongan dari keluarga donat-donat. hehe maklum bentuknya yg menyerupai donat, bahan-bahan yg digunakan pun juga sama seperti donat. yg membedakan hanya topping bagian atasnya berupa sangrai atau pure buah-buahan di tambah dengan kacang. biasanya topping buah ini bukan jam yg sangat halus tapi lebih ke home made pure buah, yg cenderung bertekstur agak kasar. buah yg lebih sering digunakan biasanya adalah buah plum, maliny (raspberry), apple, ataupun tvarouh atau cottage cheese.


Ada lagi type yg lebih dari special dari kolace yg tergolong mini diatas. amanya "SPECIAL KOLACE"  ya dari namanya saja sudah bisa terbayang kan special, kalo yg ini salah satu favouritenya Ms.widi, kenapa demikian karena yg pasti porsinya lebih besar, dan lebih banyak pure buah2annya, tidak banyak menggunakan dough kue. rasanya juga lumayan lebih enak. apalagi yg ditambah dengan taburan oriskovi atau kacang sangrai. 


Bulka (cheese roll), bulka ini sebenanrnya bukan termasuk golongan sweet atau desert, lebih ke arah bread untuk sarapan saja, bulka pada umumnya sama seperti bread2 lainnya hanya saja ada tambahan keju yg yummy di atas nya, lebih enak lagi disajikan pas benar2 keluar dari tungku oven,, widiww ajibb sekali pokonyaa. selain bulka yg menjadi speciality untuk sarapan ada rohlik, bread panjang ala baggeta. rohlik yg biasa dijadikan base roti untuk membuat hotdog. rasanya sih tawar ga ada rasa2 apa. tapi saya lebih suka rohlik yg ada campuran jintan atau garam block, lebih nikmatt..


ada lagi nih KAPSA Alias roti saku. kenapa dinamakan roti saku ya karena bentuknya meyerupai saku segitiga. filling nya berupa selai buah-buah, pada umumnya sih buah berry ya yg lebih familiar disini, dan juga peach. selain itu ditaburi dengan bubuk gula halus di permukaan nya. kalau istilahnya di indonesia sama dengan puff pastry buah. 


nah kalau bakery kegemaran Ms.widi yg ini, rohlik slany alias roti asin. bentuknya lebih mungil dari baggeta atau roti prancis yg biasa digunakan untuk membuat bruchetta. tapi yg special dari jenis yg saya makan ini lebih mungil, dan juga luarnya crunchy tetapi tekstur dalam nya sangat lembut sekali. ditambah taburan garam blok ataupun jintan di pinggiran roti. kadang-kadang buat pengganjal lapar selalu andalannya rohlik jintan ini. 


Pada intinya wanita-wanita ceko itu lihai dan kreatif dalam membuat cakes. mereka memanfaatkan hasil kebun mereka buah-buahan seperti Plum, keluarga Berry fruit, apple, pear, cherry, apricot, dan peach.  untuk dijadikan cakes yg super duper yummy. oia ada satu lagi speciallity bahan-bahan cakes nya. biasa mereka menggunakan tvarouh  (cottage chese) baik di cake biasanya maupun big fine and soft cake mereka sering mengkombinasikanya dengan tvarouh ini. rasanya sudah pasti lekker deh. "pokonya yg all about cakes, i recomended"


masih banyak lagi sebenarnya kue-kue kering khas ceko laiinya, intinya sih sama seperti kue-kue kering international, hanya saja wanita-wanita ceko ini sangat kreatif menurut saya, sehingga mereka pasti selalu bisa mengkombinasikan bahan-bahan yg ada menjadi sebuah panganan manis yg menggoda. pokonya sepengamatan saya selama disini, mereka lebih suka untuk membuat cakes untuk perayaan ulang tahun kerabat atau sanak saudaranya sendiri, ketimbang harus memesan atau membelinya di cakes shop. 
selamat mencicipi salah satu tradisional cakes khas ceko ya untuk anda yg dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke ceko. 


cakes are sweet like your experience.

*kredit foto, ini cakes yg ada di salah satu bakery shop, bukan Ms.widi yg membuatnya,dan official website marlenka

0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me