Blogger Widgets

Keterbatasan Bahasa


siapa yg pernah membayangkan bagaimana rasa nya tinggal di negara kecil yg benar2 masih menggunakan aksen aslinya ketimbang dengan bahasa yg sudah international,, itu yg saya alami ketika harus menetap di czech replubic di salah satu kota kecil jauh dari prague ibu kota negara ini, tetapi tinggal di dekat perbatasan dengan poland, now body know this small village i called, 
awal2 di kota maklum lah kalau masih butuh beradaptasi, tapi apa yg saya tidak terima, kota ini betul2 freak, hanya 20% warga nya yg menggunakan bahasa inggris, dan itu pun hanya anak muda yg sedang belajar di sekolah yg biasanya menggunakan bahasa inggris, penduduk2 yg rata2 sudah berumur itu memang sama sekali tidak bisa berbahasa inggris,
fuihh benar2 seperti berada di negara baru yg sangat freak,

ok lah saya sedikit mengerti keadaan kota ini yg dulunya menganut sistem komunis. dan majority orang2 tua disini hanya dapat berbicara akses czech, slovak, ataupun polish n rusia, mereka enggan untuk mendalami bahasa inggris
satu cerita saya berjalan2 di centrum dan ingin membeli sesuatu. mulai dari harus naik bus bertemu dengan supir untuk membayar bis, saya hanya menggunkaan bahasa tubuh dan hanya menyembutkan kemana saya akan pergi, 
 "jedna jizdenka do centrum" ( satu tiket ke centrum )
dan sang supir menjawab panjang kalimat dari saya, entah dia ngomong apa saya tidak mengerti , langsung saja membayar sejumlah yg tertera di mesin samping pak supir, 

setelah beres dari pa supir yg seperti nya ngomong panjag lebar tentang saya ok lah saya segera menyari tempat duduk yg kosong, satu bis kebanyakan isinya para manula yg habis berbelanja,
saat dalam bus seolah2 pandangan semua mata tertuju kesaya, ya maklum selain ber-face lain dari mereka, saya juga menggunakan kerudung jadi menambah lengkap keanehan saya di kota mereka, mungkin anggapan mereka saya in teroris,, wkwkkw
huftt ketika saya duduk pun saya mendengar bisikan2 dari sebelah tempat duduk saya dan banyak bisikan lainnya yg pasti, anggap aja masa bodohh karena saya memang tidak mengerti apa yg mereka ucapkan,, 

menuju kantor pos di centrum, tak ada satu pun orang yg bisa membantu saya untuk memberi tahu bagaimana cara untuk mengirimkan surat, dimana saya harus membeli perangko,  betul2 saya gregetan dengan situasi saat itu. mau ga mau menggunakan bahasa universal gerakan tubuh, semoga saja mereka mengerti.
saya datangi salah sau counter penjual majalah di dalam kantor pos itu, dan ibu2 yg ada didalam nya, saya tunjukan surat yg saya bawa dan juga saya beritahu tujuan nya, indonesia, ya mungkin dia mengerti apa yg saya maksud, langsung saja diambil surat saya dan langusung menimbang nya, setelah itu di bubuhi perangko bertuliskan 30 kc
ehm,, tanpa berbicara sepatah kata pun dengan ibu2 itu, hanya menggunakan bahasa tubuh,
saya ucapkan terima kasih yg saya mengerti "dekuji moc"

ada lagi cerita saya ketika membeli vitamin di apotek,
masuk apotek bingung nyari2 mana vitamin c yg ada, karena di etalase yg ada semua obat2 dan susu formula untuk anak, staf apotek mengahmpiri saya dan berkata sesuatu tetapi saya tidak mengertii, saya sebutkan saja langsung vitamin c..
dia langsung menuju dalam dan mengambilkan macam2 vitamin c untuk saya, wuihhh,, bnyak bgt yg dia sediakan sampai bingung mau milih yg mana, yasudah saya ambil yg 1000mg seperti biasa, yg kocak nya saat membayar, karena saya tidak memiliki pecahan kecil, saya menggunakan satu lembar 1000 kc, 
ok dikembalikan seperti biasa dengan jumlah balance nya. ketika mau balik saya langusung saja keluar, tidak jauh dari toko staf apotek itu keluar dan meneriaki saya, karena saya ga ngerti apa yg di bicarakan, saya cuek jalan aja,, siy mba2 malah lari mungkin ingin mengejar saya, saya lari juga karena takut di sangka apaan, hahaahha
saya masuk kedalam toko bakery utnuk menghindari kejaran mba2 apotek itu, wkkwkkw dah amann,, karena dah terlanjur masuk kedalam toko bakery ya sudahh saya beli salh satu roll cake nya, ehh pas mau mengambil dompet yg ada kebingungannyari dompet dimana, wkwk saya baru ingat tadi saya letakan di atas meja cashier apotek, dengan segera  berlari dan meninggalkan bakery saya kembali lgi ke apotek, eh siy mba2 paruh baya itu malah melototin saya dan sambil berkata sesuatu, saya baru berpikir  mungkin tadi dia mengejar saya untuk mengambalikan dompet saya, tapi saya tidak mengerti dan langsung saja berlari n ngumpet. wkkwkw
maaf deh mba abis ga ngeti sampean ngomong  apaan.
sambil senyam senyum saya minta maaf 
"sorry mam, i dont know, you run , i also runnning faster, i'm scred,,
ehm, dia malah ngomong panjang lebar bahasa ceko,, yaudah mana mengerti saya,, langsung aja capspus abis dapet dompett. haha
hall terkonyoll  gara2 keterbatasanabahasa
sebenarnya masih banyak kejadian2 aneh karena keterbatasan bahasa ini, tapi hanya saya share sedikit saja sebagai pembelajaran,, apalgi jika bertravelling ke kota2 yg jauh dari keramaian, biasanya masyarakat yg ada masih menggunakan akes yg kental. so siaap2 saja selalu dengan word pharase di kantong mu

well ok lahh saya jadikan pengalaman, mulai besok mau mendalami czech language meskipun hanya lewat geogle translate.

world is so huge, but feel like small when you find your self into the world,
lets start travelling and see how's beutifull the world

ini cerita ku, apa cerita mu..???

0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me