Blogger Widgets

Tahu ceko Ale-Ale


weekend ini penuh dengan indonesia food in my house, kebetulan lagi ga males buat bikin2 something dan kebetulan juga emang lagi ngidam ama makan2nan indo, jadi ya di bela2in lah buat bikin walaupun agak nguras waktu yg penting kesampaian juga bisa menikmati kuliner ina. ok kali ini saya ber experiment dengan kacang kedele alias mw saya buat tahu. meskipun baru pertama kali membuat tahu ada rasa worried kalau nanti gagal ketika membuat nya, tapi ya bismillah saja lah, semoga experiment ini berhasil,
bahan2 yg di butuhkan juga cukup simple ko, antara lain:
- 200 gr kacang kedele
- 3 buah lime, peras air nya
- 100% usaha dan doa

setelah menyiapkan kacang kedele yg telah saya rendam satu malam, saya menyiapkan perasan air jeruk nipis, dan langsung lah memulai dengan mem-blender kacang kedele nya, perbandingan air waktu memblender nya 1:2. setelah di blender langsung di saring dengan menggunakan cheesecloth atau kain katun halus. nah sampai proses ini disebut nya susu kedelai, karena hasil saringan tersebut sudah dapat di manfaatkan sebagai susu kedelai, tetapi kali ini saya akan membuat nya sebagai tahu, lanjut kita ke proses selanjutnya. rebus diatas api sedang, jangan sampai mendidih ya ngerebus nya, sampai keluar gelembung2 panasnya, setelah itu matian kompor sambil tetap di aduk2 dan didiamkan sampai kira2 hangat.
setelah itu baru tuangkan sedikit demi sedikit perasan air jeruk nipis tadi sambil tetap di aduk2. setelah itu diamkan sampai benar2 dingin. dan sudah jadi lah gumpalan2 tahu yg siap di padatkan.

proses pembuatan tahu smpai siap di padatkan

baru lah proses pemadatannya ini yg agak sulit menurut saya, kalo gagall tahu nya pasti akan pecah, bismillah dengan tetap menggunakan cheesecloth tadi, saya menggunakan wadah tempat makan yg telah saya lubangi untuk mencetak tahu, setalah itu di padatkan dengan menindihnya menggunakan beban berat, kira2 proses ini tak kurang dari 1 jam lah,, dan alhmdullilah hasilnya sesuai yg saya inginkan, tahu made in ika berhasil di buat,
bisa makan tahu kapan pun kalau lagi ngidam ,

tahu ceko ale-ale

happy cooking everbody



0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me