Blogger Widgets

is't only capital city??


sudah mw akhir tahun ya sobat jalan, ga terasa sudah akan menutup tahun 2011 ini ,  hayoo sobat jalan pasti sedang atau bahkan sudah merencanakan kegiatan2 nya untuk menyambut akhir tahun.  mungkin ada yg ingin counting down the new year sendiri diatas gunung atau menyendiri dihamparan pasir pantai dengan gemuruh ombaknya, atau pun mungkin malah kebalikannya ingin merayakan tahun baru  bersama2 seluruh kerabat, kekasih ataupun sanak saudara. yg mempunya planing untuk pergi berlibur ke luar negri saya mw tanya hayo?? apakah kalian memilih liburan hanya ke ibu kota suatu negara saja, atau ke pelosok daerah nya yg juga yg memiliki potensi wisata yg tak kalah menarik dengan ibu kota nya??
di skip dulu ya yg mw jawab, leave di coment saja nanti, dan saya akan coba men-sharing sebagian unek2 saya "why capital city must be in highlight list when travelling?'

well tempat menarik yg ada disuatu negara itu kalo menurut saya dan pastinya menurut pemikiran ribuan para penikmat jalan lainya adalah tidak hanya terletak di ibu kota negara nya saja, ke pelosok2 daerah suatu negara pun banyak sekali tempat yg dapat menjadi tempat tujuan wisata, dan pastinya tidak kalah menarik dengan tempat2 yg disediakan di ibu kota negara, 

malaysia yg ber ibu kota kuala lumpur, tetapi sebenarnya tidak hanya kuala lumpur, chinatown, golden triangle, ataupun batu cave nya saja yg menjadi list dalam perjalanan sobat jalan,  masih banyak daerah2 lain yg cukup memberikan suasana yg tidak kalah atractive yg tak jauh dari central city. 
jika sobat ransel mempunyai banyak waktu berlibur ke malaysia jgn lupa mengunjungi putra jaya, kota pemerintahan malaysia yg tidak jauh hanya 20 menit dari kl sentral. putrajaya  memiliki gedung2 dan taman-taman yg sangat menawan ala-ala timur tengah kalo saya bilang, landmark yg terkenal adalah putrajaya mosque yg menawan dengan corak merah muda nya.
selain itu kunjungilah mine city resort yg tak kalah atractive nya dengan golden triangle nya kuala lumpur.

jika sobat jalan penyuka adventure coba ke utara dari kuala lumpur menempuh waktu 6 jam sampai lah kita di  daerah pahang, yg terkenal dengan taman negara nasional park nya. kita dapat trecking dan mengenal ttg hutan tertua asia ini,  dan kita juga bisa melihat suku asli atau sebutan mereka suku anak dalam  malaysia yg masih benar2 etnik sekali. 

agak keselatan kuala lumpur  banyak sekali tempat yg wajib di kunjungi jika ingin menikmati malaysia, genting island mungkin sudah terlalu famous, bagaimana jika sobat jalan mencoba mengunjungi bukit fraser yg terletak disebelah utara dari kuala lumpur, istilahnya fraser hill nya ini adalah ciwedey nya indonesia, tapi mungkin agak bedanya di fraser hill ini masih banyak penangkaran burung2 yg menarik mata untuk di lihat.

seremban, johor, melaka pun juga kota yg tidak boleh anda lewatkan dalam list travelling anda. dan juga jika sobat jalan lebih memilih suasana laut , banyak sekali tempat tujuan di malaysia yg menawarkan suasana pantai yg lumayan menawan, langkawi sudah bagian nomer satu yg harus ada di list sobat jalan. desaru di daerah johor pun tak kalah menawanya dan patut anda kunjungi. 


dari asia saya langsung beranjak ke tanah europe sebagai review nya lagi masih dalam hal yg sama yaitu "why capital city must be in highlight list when travelling?'


czech replubic yang ber ibukota praha yg terkenal akan charles bridge nya juga memiliki beberapa kota2 yg tak kalah menarik untuk dikunjungi, dari pada penat hanya berkeling old town praha ataupun ber-nostalgia di sekitar vlatava river nya serta jenuh memasuki satu persatu museum yg tersebar di sudut praha. lebih baik kita sedikit mengambil waktu untuk pergi ke beberapa spot yg tidak terlalu jauh dari praha, dan melihat typical czech yg lebih traditional sekali.


kutna hora, yg tidak jauh dari praha, take a train only one hour kita sudah sampai di tempat tujuan, kutna hora ini terkenal dengan sedlec ossuary church nya atau bahasa bekenya gereja yg terpenuhi dengan ribuan tulang belulang manusia. selain itu tempat sekitar gereja tersebut sangat cozy abis, 


cesky krumloh yg terkenal dengan termal stationnya masih sangat mengusung era2 masa barok style, terlihat dari bangunan2 yg ada. cuisine dari wilayah ini juga tidak bisa dianggap sebelah mata. goulash yg merupakan makanan typical czech yg terkenal itu di sajikan dengan special di cesky krumloh ini. orang2 nya pun masih sangat2 ramah, tidak seperti masyarakat perkotaan praha contohnya.


kayanya terlalu banyak ya saya mengeluarkan unek2 penjabaran bahwa tidak hanya ibu kota negara yg dijadikan destinasi untuk berlibur,  coba googling terlebih dahulu, dan riset melalu searching2 tempat2 di daerah2 yg juga bisa menjadi potensi wisata negara yg akan kita kunjungi.




kecil bukan berati nothing ya, tetapi tanpa si kecil kita tidak mungkin  menjadi besar




Keep looking around you



 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me