Blogger Widgets

Citadela


Gallert Hill atau yg lebih terkenal dengan nama Citadela tempat yg paling nyaman, cozy banget untuk ngelihat seluruh view area buda dan pes area. 
untuk sampai di tempat ini lumayan mudah dan banyak sekali directionya. kalau dari old central market budapest tinggal straight away saja melalui liberty bridge, dan kemudian jalan masuk melalui tangga yg teradapat tak jauh dari area itu. 
dan kedua adalah melalui elizabeth bridge yg tepat berada di tengah2 area citadela dengan view khas nya berupa air terjun buatan.
nah saya kali itu mengambil route dari tempat elizabeth bridge ini. 


pengalaman menarik nya saya ketika akan menuju tempat ini adalah diajak muter2 oleh bus yg saya tumpangi. bukan muter2 sih lebih tepatnya saya yg teledor salah turun halte pemberhentian. terlewat 1 stop bus lumayan juga untuk jalan kaki menuruni jalanan berbukit itu untuk sampai ke gerbang awal pendakian ke gallert hill. oia dalam pendakian ke atas bukit saya bersama mr.james seorang bapak2 yg sudah lumayan berumur, beliau asal washington, fisiknya yg sudah cukup tua, tetapi semangat nya patut saya acungi jempol.


mungkin ada yg bertanya-tanya, "ada apa sih di citadela"? "apa yg menjadi daya tarik di tempat itu? dan sebagainya, saya coba jelaskan sedikit yg saya tau tentang monumentul place ini. 


dahulu kawasan citadela ini adalah sebuah benteng yg dibangun pada abad ke-19, kerajaan habsburgs pada masa itu mulai menyadari pentingnya membangun sebuah benteng yg dapat memantau seluruh kawasan. nah jadilah dipilih lembah tinggi diatas bukit ini sebagai benteng pengawasan pertempuran. nah dimasa sekarang ini benteng yg dulunya menjadi tempat pengawasan area kerajaan, telah berubah menjadi area restaurant yg cukup ternama di kawasan ini. 


yang menjadi maskot utama dari area citadela ini adalah patung liberty atau (szabadsag szobor) dengan tinggi 46 meter, tokoh dalam patung itu mengangkat kedua tanganya seraya memegang daun palm. dan juga ada 2 patung kecil yg berada di sebelah patung utama. patung liberty lebih sebagai patung momentum kebebasan untuk mengenang masa2 pencapaian tentara soviet hungary dari kekuasaan nazi pada masa perang dunia ke-2. liberty statue ini dapat sobat jalan lihat dari seluruh area penjuru kota. 


nah itu lah sedikit yg saya tau ketika sampai ditempat ini. karena  susah mencerna betul apa yg tertulis di sign boardnya. saya coba deh kapan itu nanya sepasang couple yg sedang jalan-jalan sore. orang budapest itu ramah-ramah lho sobat jalan.. menjadi solo traveller itu ga selalu harus membawa banyak keterangan untuk tempat yg akan kita tuju, melainkan gunakan aja apa yg sudah ada seperti "mulut" untuk bertanya pastinya. pokonya selain tempatnya yg cozy bgt, sejarahnya2 nya juga perlu sobat jalan tau, so bukan hanya sekedar ber-foto2 ria di suatu tempat.


selama mendaki tempat ini dari route elizabet bridge nanti sobat jalan akan menemukan patung Yesus besar yg terdapat di tengah2 bukit ini. tujuan saya sore itu pertama adalah area patung liberty pastinya. setelah dirasa cukup, saya mengelilingi bagian gallert hill ini. disepanjang sisi benteng, masih terdapat beberapa tanker tentara2 yg masih kokoh berdiri. 
karena dahulunya tempat ini juga menjadi area benteng pertahanan makanya segala atribut tentara2 masih terdapat disini. setelah itu saya menuju  bagian samping sebelah citadella restaurant. ditempat ini adalah sebuah museum soviet hungarian army. sore itu saya ga masuk kedalam museum, biasa waktu kunjungan sudah habis, karena terlalu sore saya mendatangi citadela ini. soo hanya bisa menikmati sunset saja dari tempat ini. 


nah yg saya bilang tempatnya cozy banget itu ya diarea ini. area puncak dari benteng. saya kala itu rela duduk di pinggiran benteng dan menikmati angin sejuk musim panas saat itu yg sangat semilir di kala sore menjelang malam. bukan saya saja pastinya yg menikmati senja kali itu. tetapi banyak juga sepasang muda mudi yg menikmati waktu berdua nya di tempat ini.. 
Kindly i just imagine that i'm here not alone, but with my beloved D. ohh but so pity i cant. on the wall that i was sat, i'm little bit crying, thingking of him that we can together, spend a lot time saw the nice landscape of town from those place. i can only wish, that someday i'll going to this place again with my beloved.
upss, maaf ya kalau agak melloww, biasa terbawa suasana tempat jadi deh cengeng nya keluar. apalagi kiri kanan muda mudi yg sedang berkasih. haha seolah-seolah terjepit diantara sesuatu yg mengasikkan tetapi kita tidak bisa melakukan apa dengan yg kita kasihi.
oia pengalaman buruk saya di tempat ini adalah masalah pengabadian gambar.. pertama saya mendapatkan kamera saya lagi2 freezing trouble, mungkin gara2 terjatuh di bus sebelumnya, so saya tidak bisa mengambil foto dengan leluasa, selanjutnya yg kedua adalah, tadinya saya mengaharapkan bisa menggunakan kamera cadangan dari hp saya, tetapi oh ternyata,, hp saya lowbat betul2 sudah tinggal 5% sudah sama sekali tidak bisa diharapkan untuk jangka waktu yg panjang selama saya di citadela. ya sudah lah saya memanfaatkan media yg ada dengan sebaik2 baiknya pada saat itu. 


waktu sudah menunjukan pukul 08.30 saat itu, masih cukup ramai, tetapi saya bergegas untuk turun. ada tips untuk sobat jalan yg sampai malam di tempat ini. penerangan di sepanjang jalan setapak menuju citadela ini kurang peneranganya. jika tidak ingin salah arah seperti saya, diharapkan membawa flash light atau jika tidak ikut rombongan tourist lain yg hendak turun. pengalaman saya ketika menuruni bukit ini adalah salah jalan. tadinya ingin langsung turun didepan liberty bridge, tetapi eh malah nyasar ke area elizabeth bridge. saya juga ga tau kenapa bisa sampai turun di sisi lain lembah ini, so far dibawa ketawa ketiwii aja pas udah tw salah jalan, mana udah malem lagi saat itu. untungnya masih banyak tourist2 lain yg juga turun. kalau tidak benar2 spokyy sekali kawasan itu.


baiklah saya sudahi sampai disini postingan saya kali ini. untuk sobat jalan yg mampir ke budapest, harap singgahi lembah citadela ini, jika anda ingin menikmati bagian Buda dan Pest dari satu sisi, ya hanya di citadela ini tempatnya. recomended banget bawa pasangan ketempat ini. yahutt deh pokonya. jangan lupa siapkan kamera, jangan sampai moment2 berharga anda tidak terabadikan.




*note : catatan jeprat jepret 
salama dibudapest lihat 
dialbum ini, mercy







0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me