Blogger Widgets

Knedlik aka Dumpling


haiyo para pembaca yg budiman, ( upss udah kaya dai dai saja saya ini ),  
kali saya mw sharing tentang kuliner ah, kayanya sudah lama ga ngepost tentang makanan  ke dalam blog ini,  ok langsung saja sobat ransel semua sudah pernah mendengar salah satu makanan yg namanya dumpling bahasa keren cekonya siy knedlik kalau di austria dia punya Knödel  di poland dia punya kluska ya intinya mereka semua itu sekawan lah, sama2 makanan typical ( khas ) dari negara2 pecahan soviet, hanya saja mungkin penampilan dan sedikit cita rasa yg berbeda.
tapi konyol nya saya, setelah tinggal hampir satu tahun saya baru mengetahui yg namanya dumpling sebagai makanan khas negara yg terkenal dengan swarovzky nya ini. ok lah lupakan hal yg memalukan itu dan kita segera mengulas dumpling.

well sebenarnya dumpling ini ada beberapa 2 macam , fruit dumpling as a desert ( yg sudah pernah saya tulis di pos sebelumnya ) dan hot dumpling as a maincourse. hot dumpling juga terbagi 2 lagi,  hehe [sama seperti pohon faktor ya] yaitu bread dumpling dan potato dumpling yg ber-filling meet ataupun sausage. repot ya pencabaranya.

dumpling ini kalo saya bilang adalah pengganti nasi, lah wong orang ceko ini kebiasaanya makananya kentang ataupun rohlik aka roti ceko. dumpling khas ceko ini bahan utamanya yaitu kentang, kemudian ditambahkan tepung terigu, sedikit olive oil dan garam, cara pembuatanya mudah saja tinggal sobat ransel campurkan semua bahan, buat seperti bola2 ataupun di bentung memanjang menggunakan alumunium foil kemudian di steam atau pun rebus. 
dan setelah itu  di potong2 sebelum disajikan.
( saya beberapa kali pernah mencoba menggunakan tepung instan dumpling tetapi hasilnya selalu saja gagal ketika ngebuat, alhasil jadi ga doyan ama yg namanya dumpling, loh!!!) 

teman setia siy dumpling ini simple saja, biasanya setiap ada dumpling pasti ada goulashczech goulash that means  beef stew dengan kuahnya yg berwarna coklat sama seperti kuah kari, tapi jangan salah rasanya sama sekali tidak sepedas yg anda kira.  biasanya goulash ceko ini kebanyakannya siy menggunakan hovezi atau daging sapi, tapi tidak jarang yg menggunakan veprove aka ibab aka pork
jangan tanya rasanya goulash pada saya ya, karena seumur-umur ga pernah mw makan goulash di restaurant karena worried dalemnya ibab walaupun "katanya" daging sapi, 
dan ini pertama kalinya saya mencicipi goulash dirumah salah satu keluarga indonesia yg bermukim di czech.



karena iseng ada sambel ulek dan tahu, saya campurkan saja mereka bersama di satu piring


the taste look better when adding some spicy

selain goulash, teman setia dumpling ini adalah turkey or grill chiken dengan red cabbage yg di tumis kasar ataupun dengan spinach, nah kalau utnuk pilihan menu yg ini saya masih bersedia untuk melahap nya. 

my dinner, grilled chiken + spinach and dumpling



kalau sobat ransel ingin mencoba membuat dumpling dirumah , bisa saja ko asal telaten dan tidak terburu2 membuatnya. resepnya:

- 1 kg kentang rebus
- 2 cup tepung terigu ( ayak) 
- 1/2 sdt baking soda
- 1/4 pepper
- 1 cup bread crumb
- 2 sdm olive oil
- 1 telur

- campur semua bahan jadi satu sampai menjadi sebuah dough pizza yg kalis. setelah itu panaskan air mendidih yg telah dibubuhi garam , rebus dough yg telah siap selama lebih kurang 15-20 menit. diamkan dan potong2 sebelu di sajikan

*np mw share karena saya gagal membuat dough yg di rebus, ada baiknya sebaiknya dengan metode kukus lebih menjanjikan hasil jadi yg lebih sempurna.

selamat mencoba resep dumpling di rumah sobat2 semua, hidangkan makanan dari penjuru dunia di dapur rumah anda. jangan lupa makanlah makanan yg halal, jika meragukan dari halal tinggalkan saja, karena ragu lebih mendekat kepada syeitan.


ditemani rintik2 hujan waktu sore



havirov, cz

0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me