Blogger Widgets

kefir menyehatkan atau haram??

minggu ke 2 di awal tahun 2012 ini saya di kejutkan dengan timeline seorang sahabat yg mengatakan kalau kefir itu mengandung hampir atau bahkan lebih dari 1% alcohol, that means makanan atau minuman yg mengandung lebih dari 1% alcohol itu terkatagori makanan yg di haramkan.
terkejut , ga butuh waktu lama untuk langsung menyaut timeline tersebut dan segera menanyakan
 "bener ga sih kefir itu haram?? " secara saya paling suka dengan yg namanya susu fermentasi yg satu ini. mw review dulu sebelumnya kalau tahun lalu saya juga sudah membuat postingan dengan subject yg sama yaitu "kefir" dengan judul "what's kefir" 
padahal pas mw buat postingan tersebut saya sudah sedikit googling dan mencari2  tahu apa itu kefir milk, dan saya pikir saat itu cukup menyehatkan walaupun memang rasanya sedikit lebih tidak mengenakan ketimbang yoghurt. eh tidak tau nya selama ini sudah mencoba menghindari alcohol2 malah ga tw nya kena ranjau oleh susu fermentasi yg satu itu. 

ok langsung singkat saja penjelasan dari web yg dikirimkan oleh kerabat saya itu, menjawab kerisauan tentang susu kefir ini.  kefir milk ini singkat cerita pembuatanya dengan menggunakan bahan semacam ragi atau khamir dari jenis torula dan saccharomyce. karena menggunakan khamir dan susu bergula kefir milk ini mengandung ethanol ( alcohol ) mulai dari 0,5% sampai dengan 1%. 
artikel mengenai kefir milk ini salah satunya ada di website ini. 

walaupun lembaga pangan menyatakan bahwa kefir itu "katanya" tidak boleh di konsumsi umat muslim, tapi tidak semua kefir terkategori sebagai minuman yg haram, faktanya di negara turkey yg mayoritas islam, kefir milk sangat famous dan sudah menjadi minuman keseharian mereka. toh sebenarnya juga kefir ini minuman yg menyehatkan, tapi yg menjadi kesimpang siuranya karena menghasilnya senyawa alcohol hasil per-fegmentasian antara khamir dan gula.
 yg terpenting adalah sebelum membeli kefir lihat dulu dalam kemasan , label inggredient nya pastinya simbol2 enzim yg terkandung nya tidak ada dalam salah satu list ini
( E103, E120, E152, E430, E431, E441, E471, E472?, E452, E634-5, E966, E1105)


*cc syambarkah thnx to info



untuk lebih amanya, tinggalkanlah segala sesuatu yg meragukan, dan memilih segala sesuatu yg sudah pasti.
yoghurt lebih baik ketimbang kefir, dan itu pilihan saya. bagaimana dengan anda sobat??





di tgh malam yg tak berbintang dan membekukan


czech




 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me