Blogger Widgets

Ayam Bakar Tanpa Arang

cerita mengenai resep ini dan cara pembuatannya hampir sama seperti postingan di bulan lalu yg bertemakan "tak ada arang kompor pun jadi". cerita nya memang lagi kepengen banget untuk makan ayam bakar, tapi apa daya fasilitas untuk bakar-bakaran dirumah itu sama sekali tidak memadai, selain itu pula ingin menggunakan pemanggang oven, tapi apa daya lagi-lagi oven nya tidak ada dirumah, alias masih di bertengger di toko nya. ya sudahlah terpaksa ambil cara lain, menggunakan satu-satunya media yg ada di rumah, yaitu stone alias kompor. 

well resep ayam bakar nya simpel saja, untuk bumbu ungkep nya saya gunakan :
- bawang merah 4 siung
- bawang putih 5 siung
- cabai merah secukupnya, 
- kemiri, 3 butir
- merica, secukupnya 
- kunyit, 1 ruas jari
- gula merah, secukupnya
- garam secukupnya
- daun salam
haluskan semua bahan diatas, 
sebelum ayamnya di ungkep dengan bumbu halus tersebut, sebaiknya di rendam dahulu dengan air jeruk nipis dan juga asam jawa secukupnya. setelah itu baru bumbu di tumis dan dimasukan dalam ungkepan bersama potongan ayam, masak sampai bumbu meresap.

untuk bahan olesanya, saya menambahkan :
- kecap manis 4sdm
- bawang merah, 2 siung,  chopped
- lada bubuk, 
- cabe rawit, chopped halus.

setelah siap, langsung saja proses pembakaran ayam nya. biasa saya terlebih dahulu memanaskan kompor yg siap di gunakan, button stone saya putar sampai level paling tinggi, tak perlu lama menunggu karena dalam hitungan detik saja kompor tersebut langsung merah membara. yiippii bakar-bakar time, langsung saja saya letakkan ayam di atas bilah-bila besi panggang di atas kompor, dan cesss,,,, bumbu olesannya langsung saja seketika membasahi tungku, dan harum aroma nya langsung menyerbak sudut ruangan dapur yg tidak luas ini. 
agak lama juga ternyata, membakar ayam yg cukup besar ini menggunakan electrik stone, sampai pegal tangan saya mengipasi dan menuggu ayam nya matang, tapi demi sebuah hasil yg baik, harus bersabar dan gigih. 

dan akhirnya waktu itu tiba, ayam bakar menu makan siang yg saya idam-idam kan ini akhirnya settle juga, warnanya sih ok, coklat-coklat hitam emas seperti yg ada di pasaran, tapi apakah rasanya ok juga ok?? hehe itu bagaimana anda menilainya ya, perlu bukti??? (jgn sungkan-sungkan bila bertemu dgn saya, sobat bisa request ayam bakar) tapinya bakarnya pake arang ya.. hehehe .
ayam bakar ditambah, lalapanya walaupun hanya  ada timun, paprika, dan juga bayam Alhamdullilah tetap nikmat, serta di tambah bumbu kecap, karena lagi males buat sambel nya. Alhamdullilah hari itu yg di idam-idamkan bisa terpenuhi juga. bukan berarti karena tidak ada arang dan oven saya tidak bisa buat ayam bakar ya,, selalu ada acara untuk mensiasati sesuatu yg tidak bisa kita lakukan.
lets try to make your own food,
those are more funny & much interesting than just bought & eat. 

happy cooking guys,

0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me