Blogger Widgets

slavin monument


di post saya kali ini, saya ingin menceritakan sediki tentang salah satu monument bersejarah di bratislava. people called "the slavin monument" terletak di dataran tinggi atau bukit sebelah utara old town bratislava ibu kota dari slovakia. monument ini dapat di tempuh dari mana saja,  train station bratislava, ataupun dari old town. karena letaknya yg berada di atas bukit, jadi wajar saja kalau monument ini terlihat dari segala penjuru sudut kota. dan pasti butuh tenaga sekalian untuk membakar kalori untuk mencapai tempat ini.



monument ini dibangun di masa komunis sistem pada tahun 1960, untuk menghormati tentara slovakia yg  gugur ketika perperangan World war II  melawan nazi di masa itu. selain monument tempat ini juga dijadikan sebagai penguburan masal sekitar 6000an lebih tantara yg meninggal. pemakaman nya pun masih tersusun rapi sampai sekarang, bahkan masih terdapat foto2 para pejuang di beberapa makan yg saya temui, ya meskipun sudah tidak baik gambarnya. 


para jendral di lengkapi dgn foto
di makam mereka
the main point of this area adalah tugu yg menjulang tinggi, tidak setinggi tugu monas memang tapi ya cukup tinggi. di tugu ini terdapat 1 pintu utama di bagian muka, dan 2 lainnya di sisi kanan dan kiri bangunan ini. pintu utama yg terbuat dari baja ini terukir juga replika tentang masa dahulu bagaimana soviet army ini ketika menghadapi peperangan saat itu. dan di setiap sisi dinding bangunan ini pun terdapat simbol bintang yg bertuliskan daerah2 ataupun nama tempat di slovakia ini. saya tidak mengetahui apakah dalam bangunan yg berbentuk persegi ini dapat di kunjungi masuk atau tidak, yg jelas tidak ada petugas resmi yg menjaga area ini. 
tak perlu khawatir jika anda berjalan sendiri ke monument ini tanpa di dampingi guide ataupun couch, karena papan petujuk dan penjelasan yg tersebar di berbagai sudut area ini menggunakan beberapa bahasa yg sangat membantu para tourist.



selain sebagai cementry atau pemakaman para pejuang2 slovak, tempat ini juga dangat confortable di jadikan sebagai tempat berjalan2 dan melihat2 suaasana kota bratislava dari puncak bukit ini. dari tempat ini kita bisa melihat segala penjuru sudut kota, ufo restauratnt, bratislava castle, old city, danube river pun bisa kita nikmati sembari melepas penat sehabis mendaki puluhan anak tangga di entry point memasuki areal ini.
ketika saya mengunjungi monument ini pada summer 2011 lalu, meskipun agak terik, tapi dari atas bukit ini anginnya sedikit menghilangkan peluh yg ada. tak ayal saat itu saya hampir tertidur ketika tengah bersantai di monument ini. benar2 recomended sekali tempat ini untuk sobat jalan yg mungkin penat setelah berjalan2 di old town kota, nah sore hari nya bisa mengunjungi tempat ini sembari melihat sunset dari puncak bukit. selain udara segar dan hembusan angin yg menyejukan, tempat ini saya rasa juga untuk bisa mengingatkan kita, bahwa tidak melupakan rasa nasionalisme kita untuk tetap berjuag membela negara kita, sampai titik darah penghabisan yg dilakukan oleh para soviet army tersebut. well tempat ini intinya sama dengan yg kita miliki di jakarta, yaitu makam pahlawan kalibata. tempat peristirahatn terakhir para pejuang indonesia yg gugur di masa pki dan lainya.

Going there
- bus bernomer 147 dari train station tujuan akhir SLAVIN
 note: bus ini tidak going setiap jam tapi 2 jam sekali, 
- tram atau troley bus dari arah old town, goes every 20 minute
- bisa jalan kaki ke puncak bukit dari old town ataupn train station (ini yg saya lakukan sekalian olahraga siang hari itu) lumayan untuk membakar kalori. 30 menit dgn berjalan santai dari train station.
- FREE of admission to enter this monument
- pastikan pergi kesana disaat hari tidak hujan dan berkabut. karena pastinya sobat jalan tidak akan bisa melihat surounding dari atas bukit.

waktu yg terbaik mengunjungi monument ini adalah spring sampai dengan autumn, but the best moment menurut saya adalah tetap bulan agustus puncak musim panas. recomended pagi hari ataupun sore hari jika hendak pergi kemonment ini. jangan lupa untuk membawa sunblok jika tidak mau kulit anda gosong dalam hitungan menit. >_<


snapshoots the smallest part of memories






lets on walking  to reduce pollution




0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me