Blogger Widgets

vagabond in krakow part 1

post saya kali ini ingin sedikit menceritakan pengalaman saya dan teman2 ketika nge-flash pack ke salah satu sudut kota poland sebelah selatan, krakow nama kota itu. kota yg tidak jauh dari perbatasan czech-poland, tapi ternyata cukup lama perjalanan menggunakan kereta ke kota ini, memakan waktu kurang lebih 4 1/2 jam dari ostrava city. tapi maaf sebelumnya, sebenarnya perjalanan saya kali itu bersama teman saya dilakukan sudah beberapa bulan yg lalu, tepatnya pada bulan juli tahun 2011, tapi ya nda salah toh, kalau saya men-sharing perjalanan ternekad saya kali itu di tahun 2012 ini. ya itung2 sekalian untuk mendokumentasikan perjalanan kami. dan ini maps tujuan kami nge-flashpack saat itu.
maps, ostrava-krakow

well, langsung saja perkenalkan, anggota trip saya kali itu, ada 7 orang bersama saya tentunya,
ada riando, mahasiswa HI salah satu universitas swasta ternama di jogja yg kali itu menjadi group leader kami, lalu para dokter2 muda dari universitas di malang, ada mas yoga, rifki, dan juga nidia yg menyemaraki perjalanan kali ini. dan yg terakhir saya dan 2 teman saya, ucita dan siska  selaku team tuan rumah. flashpack kali ini di lakukan di sabtu dan minggu, tetapi jumat malam mereka sudah berdatangan dari praha dan juga brno, biasa para pelajar selalu cepat disaat dibutuhkan, jumat malam mereka ber-istirahat di flat kami yg tidak cukup besar dan berbincang2 hingga larut malam, dan sabtu siang nya kita jalan ke krakow by train via, ostrava-katowice-krakow. perjalanan dimulai kali itu dari havirov , biasa sebelum berangkat kita ber narsis2 ria didepan flat hijau kami. dan menuju trains station yg berjarak 2km dari flat kami dengan berjalan kaki. sekalian untuk peregangan otot makanya kali itu kami tidak menggunakan bus ke train station.
and the story begin from havirov.............

oia untuk flashpack kali ini saya tidak menyiapkan perbekalan yg cukup berarti, memang kami sudah merencanakan perjalanan ini 2 minggu sebelum nya, tapi ga tw kenapa buat nyusun intenary akan kemana saja kami di kota itu belum terpikir sama sekali,malah bawaan malas menyusun intenary menghantui kami, alhasil kami hanya mengandalkan mbah google dan lone*ly planet book sebagai perbekalan, dan akan kemana saja kami di kota itu akan di atur nanti setelah mengetahui situasi kota pada saat flashpack kami kali itu. dan untuk tempat bermalam dikrakow, sebetulnya saya sudah mencari referensi di booking.com, tetapi last minute saya lupa membooking dan ter bodohnya lagi saya tidak mencatat alamat hostel yg sudah sesuai kriteria kami, saya hanya simpan di bookmark,tetapi saat perjalanan saya tidak membawa notebook saya. that's way flashpack saya kali ini saya namakan flashpck ternekad saya. soo alhasil jadi vagabondest dah niy  dikrakow, eh tapi walaupun saya sebut perjalanan nekad, tapi jgn khawatir untuk tiket ke krakow ya, kita  pastinya sudah mempersiapkannya seminggu sebelum keberangkatan. karena saya memiliki kartu special diskoun train czech, saya membeli tiket pp havirov-krakow-havirov seharga 558 CZK atau setara dengan 22,5 eu. cukup murah lah harganya dibanding harus jalan kaki ke krakow, *lol. ok  let us see our story.
the ticket for remember
 perjalanan di mulai dari havirov train station menuju ostrava, dan setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan kreta eurocity europe link dari praha-warsawa, di intercity train ini rombongan kami terpisah tempat duduk, karena memang pada saat memesan tiket 2 teman saya belakangan memesan tiket nya, perjalanan ostrava-katowice hanya memakan waktu 1jam40 menit saja. katowice ini salah satu kota yg berada di perbatasan poland dengan czech. tapi sudah masuk bagian poland. ketika transit kita terkejut karena ternyata stasiunnya tidak sebesar yg kita bayangkan. well cukup lah transit tidak begitu lama hanya beberapa menit sebelum kereta intercity poland datang, dan di kereta kali ini, kami bisa berada dalam satu room karena berkapasitas 8 kursi setiap room, so satu room kali itu kami ber-7 yg menguasainya. agenda yg kami lakukan didalam gerbong selain berbincang2 adalah sesi studiopoto dan restaurant cepat saji serta ruang karoeke. karena perut juga sudah lapar, kami membuat kebab ale2 didalam train, berbekal salad dan roti kebab dan sisaan ayam goreng menu sarapan yg sudah saya persiapkan, kami sajikan sebagai menu makan siang kali itu.
sudah kenyang makan kebab, dan puas bernyanyi2 di gerbong yg seperti private room itu, ga terasa satu jam sudah dari katowice dan tiba saat nya kereta akan mendarat di krakow plasow transtation. krakow plasow ini  bukan main station dari krakow, main station krakow adalah krakow glowni yg tempatnya cukup nyaman,tidak seperti krakow plasow yg setara dengan havirov station.

well sampai distatisiun ini kami ber-7benar2 cukup bingung karena kami tidak mendapatkan information center, alhasil ando berinisiatif untuk menanyakan orang sekitar untuk bagaimana menuju krakow glowny atau city center.tapi rupanya orang yg ando tanyakan cukup berbelit2 menjawab pertanyaan kami. dan jadinya malah kami yg bingung harus kemana, yasudah kami memutus kan untuk mengikuti arus kendaraan dan orang2 ramai yg nampaknya berjalan lurus ke arah kota. sebelum itu saya mampir ke warung untuk membeli sebotol mineral water untuk bekal di perjalanan, untuk masalah bahasa polandia-czech itu ibarat indonesia-malaysia. samar2 dan hampir sama lah bunyi dan konsonannya, so ketika saya hendak membayarnya di kasir, me said "prosim, kolik to stoji a voda" sang ibu2 kasir pun dengan ramah melayani dan mengerti apa yg saya ucapkan, samar2 saya mendengar perkataan ibu "dve iste zluta"  dalamhati sambil berfikir, ohh artinya 2 zluta. sambil mengeluarkan pecahan 10 zluta dari kantong.
ternyata lucky berawal dari membeli minuman di toko itu, karena saya bertemu orang yg tepat dan membantu kami untuk membeli tiket transportasi harian untuk ke city center glowny. dan yg terpenting mas2 yg saya tanyakan di toko tadi itu fasih berbahasa inggris. so dengan bimbingannya kami semua menuju tiket mesin yg ada di ujung jalan tak jauh dari toko dan langsung membeli tiket untuk satu harian berada di krakow. krakow termasuk kota yg murah dari pada ceko kalau menurut saya. lihat saja dari moda transportasi nya, tiket 24 jam all transportation hanya seharga 6 zluty untuk dewasa, dan 3 zluty untuk pelajar. soo tarif untuk pelajar hanya 3 zluty yg tidak ada 1 eu. tidak seperti moda transpostasi praha yg tidak membedakan tarif harian untuk pelajar ataupun dewasa. berkat polish man yg saya temui di toko itu kami sangat terbantu sekali,sehingga tidak minim pengetahuan kita tentang kota ini.

polish people memang terkenal ramah2 sekali ya sobat jalan, mungkin juga sobat jalan sudah banyak yg tau ataupun pernah merasakan hal yg serupa dengan kami di perjalanan. mereka sangat ramah dan bersedia memberitahu kita arah ketempat yg kita tuju dengan sangat detail. dan lelaki polish yg membantu kami itu malah men-guide kami sampai tram yg kami akan naiki itu datang. dengan ramah dia menunjukan tempat2 yg harus di kunjungi, seperti wawel castle, concentratiin camp dan beberapa  town hall yg menarik di malam hari. masing2 dari kita sudah memiliki tiket harian ditangan, so sewaktu tram nya datang kami sudah siap. tralalaaaa 15 menit berlalu bersama laki2 polish yg sangat ramah itu, sebelum pergi kami berterima kasih kepada dia dan say hello. dan perjalanan di krakow sore itu bermula dari sini..

tram yg saya naiki cukup penuh ternyata,  dan di tram yg sama, saya lihat juga para backpecker dengan keril yg mereka sandang, nampaknya mereka dari spain atau portugal, karena melihat guideing book yg mereka bawa berbahasa spanish, dan saya rasa mereka juga baru saja tiba di krakow, karena salah seorang dari mereka bertanya kepada teman kami bagaimana membeli tiket tram tersebut dengan bahasa inggris yg masih terbata2. berhubung kami pikir hanya dapat membeli jizdenky di ticket mesin yg terdapat di jalan, kami memberitahu kalau anda harus keluar dan mencari tiket mesin di luar, tapi ternyata lagi2 orang poland didalam tram membantu kami dan meluruskan jawaban kami. karena toh ternyata didalam tram nya itu sudah di sediakan ticket mesin. hahah maklum tram nya agak sedikit berbeda dengan yg di ceko, jadi pikir saya tiket mesin tidak ada di dalam tram nya.
bertambah lagi satu knowledge tentang krakow ini
- orang nya  ramah2
- ticket mesin tersebar dimana2, so tidak ada alasan untuk tidak membeli tiket
- moda transportasinya sudah canggih

ternyata cukup jauh dari plasow ke glowny, kurang lebih 10menitan kita berada didalam tram dan akhirnya, sampai lah kita di glowny. kenapa kita menuju glowny,?? pertama untuk mencari tempat penitiipan barang atau locker untuk menyimpan semua barang kita didalam loker, so ketika berkeliling tidak harus membawa semua barang yg berat karena akan menambah rasa pegal di pundak.
ke2, untuk mencari sedikit informasi seperti membeli peta. ga terasa waktu sore itu cepet banget berjalan rasanya, tapi walaupun udah jm 6 sore matahari belum tenggelam juga, masih berdiri  codong dan hari pun masih sangat terang, ga sangka kita banyak memakan waktu untuk mencari2 hostel tempat bermalam pada sore itu, tapi berhubung tidak mendapatkan hostel yg cocok karena juga semua sudah fullbooked, alhasil akhirnya kami kembali ke dalam krakow glowny station untuk menyimpan barang2 kami diloker yg tersedia, tadi nya kita berencana untuk bermalam di glowny, tapi berhubung train building nya ditutup jm 23.30, terpaksa deh malam  hari itu kita harus mencari tempat bermalam yg aman.

hayoo, sobat jalan mw tau ya kami bermalam dimana malam hari nya???
simak lagi di post berikut nya ya... dont missing about it.