Blogger Widgets

vagabond in krakow part 2

sharing is still continue ya sobat jalan., melanjutkan cerita part 2dari nge-vagabondest alias gelandangan di krakow. mw review sedikit tentang glowny station ini ya.

glowny station  ini merupakan main station yg ada di krakow, link2 kereta dari negara2 eropa yg ada di sekitar poland biasanya dapat dijumpai dsini, major international trains conection between central europe . dan di glowny ini juga merupakan central kota nya, jadi kalau sobat  just arrived dari negara mana misalnya, dan sampai di glowny ini, aksesnya sudah mudah, karena banyak information center, hotel, dan untuk pecinta shopping persis didepan station  ini merupakan glowny gallery shopping mall yg cukup besar. dan tapi jgn salah tempat2 menarik lainnya yg bisa juga pasti ada ko. intinya ga bakalan deh kesesat atau nyasar di tengah kota yg banyak orang2 polish yg ramah2 nya. so jangan takut dan malu untuk bertanya. u'll never know if you arent asking.

mereng ya pemirsa, sorry for incovinient

langsung lanjut saja ya ke postingan terkahir di topik yg sama.
malam itu setelah menaruh sebagian barang2 di loker, kami bergegas untuk segera meninggal trainstation untuk langsung menuju wawel castle, untuk menuju wawel castle kita menggunakan tram.
tadinya kita berencana untuk menikmati suasana malamkota dari wawelcastle, tapi karena minimnya informasi yg kita punya, kita mendapatkan harapan kosong ketika memasuki gerbang wawel. ternyata malam itu castle di tutup karena sedang ada acara privat di dalam castle. alhasil kita rencana untuk menikmati malamdari wawel pun punah lah sudah. dan akan kembali lagi esok pagi ke wawel ini.
beranjak kaki meninggalkan wawel, ternyata oh ternyata malam mingguan di kota yg di juluki naganya poland nya ini tidak sesepi yg kami kira, malam itu sangat ramai, bahkan crowded mungkin karena summer time juga kali ya, toko2 soufenir yg tersebar di ke-2 sisi jalan ramai bersautan memanggil para pejalan kaki yg lalu lalang di jalan berbatu kotak itu. cukup lah untuk cuci mata karena melihat2 souvenir dan barang lain yg di jajakan. malam itu tujuan kami selanjutnya bukan toko souvenir ya. tetapi ke cathedral pauls n peter.

singkat cerita paul n peter cathedral ini katanya merupakan finest old church di krakow. lagi2 mengusung baroque style, cathedral ini di disigned oleh italian architect giovanni de rossi, dan beberapa kali dilakukan perombakan ulang terhadap interior dalam cathedral ini oleh Giovanni Maria Bernardoni.  dan yg finishing interior yg terakhir mengusung baroque style yg diselesaikan oleh Giovanni Battista Trevano ditahun 1605-1619.
oia kami hanya bisa melihat cathedral ini dari balik pagar besi yg bertengger didepan nya, karena close untuk public dimalam hari. so kami hanya bisa mengabadikan paul n peter cathedral ini dari luar saja.


lanjut lagi kaki melangkah ke sudut2 old town yg penuh dengan ratusan mungkin bahkan ribuan pasang mata yg saat itu memadati town hall ini. restaurant2, bar, cafe, hampir  tersebar di sudut town hall. lampu2 menara tak luput menghiasi malam yg cukup hangat malam itu. dan kami sibuk mengamati para wisatawan lain yg hilir mudik. malam itu entah waktu sudah menujukan pukul berapa, seperti sudah hampir jm sebelas malam kami menghabiskan putaran malam di town hall, di sela2 aktivitas, kami bertemu dengan satu keluarga polish yg fasih berbahasa inggris, lagi2 dengan senyum yg ramah kami saling bertukar informasi, dan saling bercerita hampir satu jam,. mereka sangat ramah dan baik sekali.

diarea old town hall square ini terdapat town hall tower dan satu monument yg berupa patung2.
di area tower tepatnya di first ground terdapat historical museum of krakow,  dan juga gedung pertunjukan theater. lebih lengkapnya pasti area ini di buka untuk siang hari.
oia kami baru sadar, karena setelah menyantap kebab yg kami buat didalam kereta siang hari itu, kami belum makan apapun selain cemilan, so karena waktu sudah sangat larut malam, dan kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di warung cepat saji yg namany sudah sangat tidak asing. memesan beberapa potong makanan dan sejenak memikirkan akan tidur dimana kita nanti malam??
setelah hampir 2 jam numpang duduk di warung makan itu, kami bergegas untuk segera kembali ke glowny station, waktu menunjukan sudah diangka 1 pagi. karena sudah tidak ada tram yg beroprasi, kami akhirnya berjalan kaki menuju glowny station. masih ada cukup banyak orang yg berlalu lalang di pagi buta, tapi karena kami juga berkelompok kami alhamdullilah tidak worried terhadap ancaman2 negatif. dengan santainya kami jalan di sebrang sekelompok orang yg kami rasa sudah pada mabuk.



jalan kaki santai diawal hari tanpa matahari ternyata cukup mengasikkan, berlatar belakang kota cantik krakow, dan sedikit angin malam musim panas menambah suasana malam itu terasa cukup damai untuk kami ber-7 saat itu. sampai2 tak terasa kami pun tiba di glowny. ternyata memang benar main building nya di kunci. mungkin untuk mencegah para homeless people untuk tidak tidur didalam station, dan baru akan dibuka pada pukul 04.30 am. yasudah apa daya kami pun berkeliling peron dan area lain di sisi station,, pertama kami menuju peron intercity train yg baru selesai dibangun, awalnya kami memutuskan untuk berselonjor tidur disitu, tapi hanya bertahan tak lebih dari 2 jam, kami bergegas pindah ke tempat lain yg lebih hangat, karena peron tersebut angin malamnya cukup kencang dan membawa hawa cukup dingin. kami tidur dengan beralas seadanya karena tidak prepare sleeping bag ataupun matras dsb.
dan yg baru saya tahu tentang homeless people di europe itu di krakow ini pertama kalinya saya melihat mereka benar2 langsung. that means saya pikir homeless itu hanya ada di negara saya, tetapi ternyata di european country pun masih banyak homeless2 yg berkeliaran, bedannya hanya sedikit, mereka berpakaian sedikit rapi ketimbang homeless ala indonesia.
dan malam itu kami pun harus berbaur dengan mereka 1 malam, dan menjadi bagian dari mereka vagabondest alias gelandangan. hohohoho ini sebagian yg terekam dalam jepretan lensa.


sudah terbayar kan rasa penasaran sobat jalan melihat kami ber-gelandangan ria, berbaur dengan para homeless people satu malam. mungkin banyak juga sobat jalan yg memiliki pengalaman sama seperti kami???  di share ya jangan lupa saya tunggu cerita2 unik lainnya dari sobat jalan.

eitss tapi perjalanan belum selesai, the story still continue and still continue, see u on next post.



oia untuk panduan pocket krakow sobat jalan bisa mengunduhnya di link ini,

snapshot the smallest part of memories


keep on walking and look around you, 
u'll see how's the lucky you are not wasting your time.



0 comments:

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me