Blogger Widgets

Czech Cuisine

beberapa hari yg lalu saat sedang dalam sebuah perjalanan, Ms.widi agak banyak tertegun nih kawan, oleh pertanyaan seorang kawan. yg menanyakan "apa sih makanan tradisional ceko ka" pertanyaan simpel sebernarnya sih untuk foreign people yg sudah lumayan hampir setahun tinggal di suatu negara, pastinya akan cepat tahu tanpa mikir seribu kali apa itu makanan tradisional ceko.
terus terang variety yg saya tahu apa saja makanan tradisional ceko tidak banyak ya, pastinya yg familiar sekali goulash, dumpling, dan juga kolace untuk kue-kue ringannya yg sudah sempat saya tuliskan di posting sebelum nya. segera saya mengirimkan email ke guru ceko saya dan basi basi menanyakan apa saja sih makanan czech cuisine lainnya yg cukup terkenal selain yg sudah saya sebutkan diatas itu.

ini dia masukan email dari  gurunya Ms.widi itu, menjelaskan  apa saja makanan yg familiar dan sering di sajikan sebagai hidangan resmi diacara pesta ataupun pertemuan2. 

untuk soup sepertinya sama dengan negara-negara lainnya, ceko juga punya potato soup, garlic soup, mushroom soup, tapi yg paling special dan berbeda adalah beef soup ditambah liver dumpling "hovezi polevka s jatrovymi knedlicky" biasanya sih yg digunakan adalah liver sapi, tak jarang juga banyak yg menggunakan ibab.


nah untuk main dish nya ceko sebetulanya sangat kental dengan yg namanya daging2 sebagai makanan utamanya nya, meskipun maaf lebih banyak variety daging ibab ketimbang sapi. dan juga bermacam-macam variety klobasa atau jenis sosis. klobasa sendiri di ceko sangat populer, biasanya klobasa di ceko menggunakan kombinasi dari kedua daging itu sapi dan juga ibab, seumur-umur berada di ceko ini, setiap berbelanja daging saya tidak pernah kebagian klobasa atau daging2 campuran, ya tw dan melihatnya dari jauh.
daging sapi biasanya disebut "hovezi" dan ibab "veprove". menu famous untuk kedua makanan ini antara lain :
"hovezi nebo veprove goulash s knedlik" (beef or pork goulash with dumpling)
Czech platter (smoked beef, roast knee pork, czech sausage, with pikle, red cabbage, and horseradish)
untuk lamb ataupun kambing, hanya di bagian bohemia, daerah sebelah barat ceko yg masih menyajikan tradional czech lamb.

turkey with spinach
as my dinner
selanjutnya menu "kure" (chiken) dan juga "Kruti maso" alias kalkun. menu ini tidak banyak di santap czech people, tersedia di restaurant tetapi peminatnya tida begitu banyak. hanya saja kalkun menjadi menu utama dan sering dicari disaat acara thankgiving.


bebek dan kelinci adalah menu populer kedua setelah daging-daging itu. roast duck ditambah red cabbage menjadi menu andalah di berbagai  sudut rumah makan ceko. 

untuk ikan dan seafood, di ceko kurang familiar, faktor utamanya karena ceko tidak memiliki laut, so pasokan ikan2 laut hanya terbatas jumlahnya selain itu harganya yg cukup terbilang mahal untuk mengkonsumsi ikan. losos (salmon),  pastruh(trout), treska (cod) pangasius (ikan patin) adalah komoditi ikan yg ada di pasaran2 ceko, tetapi hanya salmon yg banyak di sediakan di restaurant2.

semua menu diatas selalu di temani side dish dumpling, priloha (kentang), kase(mashed potato), red cabbage, pikle, dan saurkrout.

(berasa banget bosennya nya ga sih dengan menu yg hanya itu2 saja?? kalau saya sih terus terang boring banget, udah gitu sudah pasti rasa dari semua itu tidak ada pedas-pedasnya sama sekali, makin berasa hambar banget itu makanan) 

semoga sedikit berguna ya untuk sobat jalan yg ingin berkunjung ke ceko, setidaknya sedikit ada gambaran bagaimana czech cuisine. untuk restaurant2 di kota-kota besar dan yg menjadi highlight tourismnya seperti praha,brno, karlovy vary, cesky krumloh, tidak perlu khawatir tidak bisa berbahasa ceko, mereka pastinya menyiapkan menu dengan pilihan bahasa inggris juga ko. 

nah untuk cakes nya saya tuliskan di postingan berikutnya,karena czech tradisional cakes variety nya sangat banyak dan semua nya menarik & yummy untuk di makan, (maklum salah satu kegemaran Ms.widi adalah berburu cakes.

Happy exploring cuisine everybody

2 comments:

  1. dani p mengatakan...:

    Mba gimana dong disana kalo cari daging sapi halal susah nda??

  1. Unknown mengatakan...:

    hai dani, kalau untuk daging sapi halal biasanya banyak dijual ko di beberapa halal shop di kota praha. tapi kalau saya jauh dari praha, soo ya jarang2 makan beef, kecuali habis belaja di praha

Posting Komentar

 
Ika Widi Footprints © 2011 | Designed by Chica, modified By Ika Widi, Jounal and Follow me